Bahaya, Minum Kopi Empat Cangkir Sehari

TEMPO.CO, Columbia--Tak peduli seberapa besar kecanduan Anda pada kopi, janganlah mengkonsumsi lebih dari empat cangkir sehari. Sebuah penelitian menunjukan konsumsi kopi yang berlebihan bisa meningkatkan risiko mati muda.

Bahaya, Minum Kopi Empat Cangkir Sehari
Bahaya, Minum Kopi Empat Cangkir Sehari

Studi yang dilakukan peneliti dari University of South Carolina menunjukan pria berusia kurang dari 55 tahun yang minum kopi lebih dari 28 cangkir sepekan punya risko mati muda 56 persen lebih tinggi dengan beragam sebab. Sementara pada perempuan, risikonya adalah dua kali lipat dibanding perempuan yang tidak mengkonsumsi dengan jumlah tersebut.

"Dari penelitian kami, kelihatannya aman untuk mengkonsumsi satu hingga tiga cangkir kopi sehari," kata seorang peneliti Xuemei Sui seperti dilansir USA Today, Jumat, 16 Agustus 2013. "Minum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa membahayakan kesehatan," lanjut Sui yang juga asisten professor pada Arnold School of Public Health at the University of South Carolina, Columbia.

Dalam studi yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings ini, peneliti melibatkan 43.727 pria dan wanita berusia antara 20-87 tahun selama 1971-2002. Sui mendefinisikan satu cangkir kopi adalah 170-266 gram.

Lebih jauh, studi ini tidak menemukan risiko tersebut pada orang dengan usia lebih dari 55 tahun. Peneliti mengatakan mungkin ada bias. Peneliti mungkin tidak memasukan lansia yang tidak sehat karena mereka mungkin sudah meninggal.

Alasan tingginya risiko konsumsi kopi pada orang di bawah 55 tahun tidak begitu jelas, sebab peneliti selama studi berlangsung menemukan baik keuntungan maupun masalah yang dikaitkan dengan kopi. Sui hanya mengatakan kafein pada kopi bisa meningkatkan rata-rata denyut jantung, tekanan darah, dan kadar gula darah. Meskipun demikian, kopi adalah sumber utama antioksidan.

Sui menjelaskan studi ini tidak menemukan hubungan signifikan antara konsumsi kopi dan kematian akibat penyakit jantung. Tapi, kata dia, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk melihat adanya hubungan antara kopi dan kanker. "Hindari minum kopi berlebihan," kata Sui.

No comments:

Post a Comment